15 Agustus 2023 10:57 pm

Jangan Remehkan Sedekah Air Minum

Jangan Remehkan Sedekah Air Minum
Air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia. Air digunakan manusia untuk minum, masak, mandi, dan keperluan ibadah. Bahkan bukan cuma manusia saja yang membutuhkan air bersih, seluruh makhluk juga membutuhkan.
Sebagaimana hadits berikut ini dari Jabir bin Abdullah ra, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barang siapa yang menggali air (sumur), maka tidak minum darinya makhluk hidup baik jin, manusia dan burung kecuali Allah memberinya pahala pada hari kiamat” (HR. Muslim)

Sebagian tabi'in menyatakan,
"من كثرت ذنوبه فعليه بسقي الماء، وقد غفر الله ذنوب الذى سقى الكلب فكيف بمن سقى رجلا مؤمنا موحدا و أحياه."
"Seseorang yang banyak dosanya hendaknya bersedekah dengan air minum. Sungguh Allah telah mengampuni dosa (pezina) yang memberi minum kepada seekor anjing. Lalu bagaimana kiranya dengan orang yang memberi minum kepada seorang mukmin yang bertauhid?!."
📓- Al-Jami' liahkam al-Qur'an 7/215

Dalam sebuah hadits dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiallahu’anhu, ia berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ أُمِّي مَاتَتْ أَفَأَتَصَدَّقُ عَنْهَا قَالَ النبي صلى الله عليه وسلم نَعَمْ قُلْتُ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ سَقْيُ الْمَاءِ

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibu saya telah meninggal. Bolehkah saya bersedekah atas nama beliau?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Boleh”. Sa’ad bertanya lagi: “Sedekah apa yang paling utama, wahai Rasulullah?”. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab: “Sedekah berupa air minum” (HR. An Nasa’i no.3666, dihasankan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i).

Rek. Sedekah Air
Bank Syariah Indonesia (BSI)
📟- No: 444 600 5068
💳- An. Sedekah Air AKU
Konfirmasi Sedekah via Whatsapp 087870512878
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0812-9033-7525
0812-9033-7525
agenkebaikanumat@gmail.com
Social Media
@2024 agenkebaikanumat Inc.