3 Maret 2023 6:43 am

Kenapa Harus Wakaf Sedekah Al Quran

Kenapa Harus Wakaf Sedekah Al Quran

1. Sedekah Al-Qur'an adalah amalan Jariyah, yang pahalanya mengalir tak terputus.

Pahala dari shalat tahajud terputus setelah shalat itu selesai. Pahala dari puasa sunah terputus setelah berbuka. Pahala dari baca al-qur’an terputus setelah berhenti baca al-qur’an.Tapi tidak dengan pahala sedekah jariyah. Pahalanya terus mengalir walau sedekahnya sudah selesai. Tidak terputus sekalipun pelakunya sudah meninggal dunia.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah: (1) Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. (2) Anak soleh yang ia tinggalkan. (3) Mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan. (4) Masjid yang ia bangun. (5) Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun (6) Sungai yang ia alirkan. (7) Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.” (HR. Ibnu Majah no. 242)

“Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.” (H.R. Muslim)

Al-Qur’an dapat memberikan syafaat bagi kita kelak di hari kiamat. Sebagaimana dalam sebuah hadits “Bacalah Al-Qur’an sesungguhnya kelak ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa’at bagi penganutnya" (HR. Muslim)

Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Tiap huruf yang dibaca, tiap ayat yang dibaca, tiap surat yang kita baca akan menjadi pahala yang terus menerus mengalir ketika kita bersedekah Quran.

Satu Huruf 10 Kebaikan. Setiap huruf yang dibaca pahalanya mengalir kepada Anda. Satu huruf dihitung 10 kebaikan. Bayangkan berapa banyak huruf, ayat, surat dan juz yang dibaca semuanya mengalir kepada Anda tanpa mengurangi pahala yang membacanya.

2. Sedekah menjadi upaya menghapus dosa
“Dan sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmizi, no 614. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Sunan Tirmizi).
3. Sedekah menjauhkan dari api neraka.
Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

4. Sedekah mencegah musibah, bala dan bencana.
“Bersegeralah bersedekah, sebab BALA BENCANA TIDAK PERNAH BISA MENDAHULUI SEDEKAH.” (HR. Imam Baihaqi)

5. Kebutuhan Al-Qur'an mencapai 6 juta buah setiap tahun

https://kemenag.go.id/read/wamenag-setiap-tahun-indonesia-butuh-6-juta-al-quran-jp2nv
https://kemenag.go.id/read/wamenag-setiap-tahun-indonesia-butuh-6-juta-al-quran-jp2nv

6. Kebutuhan pemerataan penyebaran Al-Quran hingga ke pelosok Nusantara

Tidak meratanya penyaluran Al-Qur'an untuk muslim dhuafa di pedalaman membuat mereka tertinggal, bukan karena tidak ingin belajar, namun karena tidak ada Al-Qur'an layak di lingkungannya. Padahal, saudara muslim kita ingin sekali melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an sampai tuntas tanpa ada yang tertinggal akibat Qur’an yang mereka gunakan sudah lusuh, robek, dan tidak utuh lagi. 

Oleh karena itu, Yayasan Agen Kebaikan Umat (AKU) mengajak Sahabat Dermawan untuk sedekah jariyah wakaf Al-Qur'an. Hasil donasi akan disalurkan kepada para santri penghafal Quran, Rumah Tahfidz Quran, Santri di Pondok Pesantren, Majelis Taklim, TPA/TPQ, Sekolah & Madrasah, Masjid & Mushola, dan wilayah muslim di pelosok Nusantara yang InsyaAllah manfaatnya tidak hanya sesaat dan InsyaAllah di setiap bacaan Mereka akan ada pahala yang mengalir untukmu.

Sedekah Mulai dari Rp. 100.000,-/Mushaf Al Qur'an*

Untuk berpartisipasi dalam Gerakan Tebar 100.000 Al Qur'an ini, bisa melalui rekening :
Bank Syariah Indonesia (BSI)
No: 444 600 5157
An. Sedekah Quran Agen Kebaikan Umat

Konfirmasi Sedekah via Whatsapp:
087870512878


#sedekahquran​ #wakafquran​ #berbagiquran​ #berbagialquran​ #sedekahalquran​ #wakafalquran​

*Donasi Mushaf Al Quran diatas sudah termasuk biaya penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran Al Quran


Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0812-9033-7525
0812-9033-7525
agenkebaikanumat@gmail.com
Social Media
@2024 agenkebaikanumat Inc.